Minggu, 08 Januari 2012

ETPROF KISI-KISI SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)

KISI-KISI SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)
MATA KULIAH ETIKA PROFESI KEBIDANAN
D3 KEBIDANAN TAHUN 2012

1.      Nilai dan norma yang menjadi pegangan bagi seseorang / kelompok dalam mengatur tingkah lakunya atau hal-hal yang dianggap baik atau buruk oleh masyarakat disebut………
a.       Kode etik             b. moral          c. nilai              d. Etika                       e. Etiket

2.      norma-norma yang harus diindahkan tiap profesi dalam melaksanan tugas profesinya dan di dalam hidupnya di masyarakat…………..
a.       Kode etik             b. moral           c. nilai              d. Etika                       e. Etiket

3.      Dibawah ini beberapa ciri pokok hukum menurut Bertens kecuali …………
a.       Ditulis secara sistematis, disusun dalam kitab undang-undang dan punya kepastian yang besar karena sifatnya lebih obyektif.
b.      Memiliki legalitas dan membatasi pada tingkah laku lahir saja.
c.       Bersifat memaksa dan mempunyai sanksi
d.      Berdasarkan atas kehendak masyarakat dan negara
e.       Hukum menilai moral

4.      Pengenalan etika umum menurut hati nurani, kecuali….
a.       Hati nurani lebih mengarah pada penghayatan manusia
b.      Hati nurani dapat pula sebagai sebuah penilaian terhadap perbuatan-perbuatan yang dilakukan manusia diwaktu lampau, sekarang
c.       Hati nurani lebih mengarah pada baik atau buruknya tingkah laku nyata manusia
d.      Hati nurani juga berhubungan dengan kenyataan bahwa setiap manusia memiliki kesadaran
e.       Hati nurani dapat pula sebagai sebuah penilaian terhadap perbuatan-perbuatan yang dilakukan manusia diwaktu lampau, sekarang dan waktu yang akan datang

5.      Batas kebebasan manusia meliputi :…………
a.       Faktor eksternal, Lingkungan,Kebebasan orang lain,Generasi penerus yang akan datang
b.      Faktor eksternal, faktor internal,Kebebasan orang lain,Generasi penerus yang akan datang
c.       Faktor internal, Lingkungan,Kebebasan orang lain,Generasi penerus yang akan datang
d.      Faktor eksternal, faktor internal,Kebebasan orang lain,lingkungan
e.       Faktor eksternal, faktor internal,Kebebasan orang lain,lingkungan, Generasi penerus yang akan datang

6.      Sesuatu yang baik, menarik, menyenangkan, disukai dan diinginkan manusia adalah pengertian dari…….
a.      Nilai
b.      Norma
c.       Etika
d.      Etiket
e.       Kebebasan bertanggungjawab

7.      Yang bukan merupakan ciri-ciri nilai…
a.       Berkaitan dengan subyek
b.      Tampil dalam sesuatu yang bersifat praktis
c.       Menyangkut nilai tambah yang diberikan subyek pada obyek tertentu
d.      Memiliki konotasi yang positif
e.       Memiliki konotasi yang negative

8.      Norma adalah…………
a.       Sesuatu yang baik, menarik, menyenangkan, disukai dan diinginkan manusia
b.      Kaidah atau aturan yang dipakai sebagai tolok ukur menilai sesuatu
c.       Aturan  yang harus diindahkan tiap profesi dalam melaksanan tugas profesinya dan di dalam hidupnya di masyarakat
d.      Sesuatu yang memiliki legalitas dan membatasi pada tingkah laku lahir saja
e.       Sesuatu yang memiliki legalitas dan membatasi pada tingkah laku lahir dan batin

9.      Norma umum meliputi tiga hal di bawah ini….
a.       Norma moral, Norma agama, Norma hukum
b.      Norma kesopanan, Norma kesusilaan, norma agama
c.       Norma moral, Norma kesusilaan, Norma  agama
d.      Norma kesopanan, Norma Hukum,Norma Moral
e.       Norma kesopanan, Norma kesusilaan, Norma adat

10.  Pengakuan yang dibuat oleh orang atau kelompok orang terhadap orang atau sekelompok orang lain disebut….
a.      Hak
b.      Kewajiban
c.       Kebebasan
d.      Tanggung jawab
e.       Nilai

11.  Hak Legal adalah…
a.      Hak yang berdasarkan atas prinsip hukum berasal dari UU / dokumen UU lainnya
b.      Hak yang berfungsi dalam sistem moral aturan berdasarkan oleh prinsip etis
c.       Hak yang  dimiliki individu terhadap negara
d.      hak yang dimiliki sebagai anggota masyarakat
e.       Hak yang  dimiliki individu terhadap masyarakat

12.  Hak yang berfungsi dalam sistem moral aturan berdasarkan oleh prinsip etis disebut…
a.       Hak legal
b.      Hak individu
c.       Hak moral
d.      Hak sosial
e.       Hak asasi

13.  Di bawah ini yang merupakan contoh hak individu adalah …
a.      Memeluk agama
b.      Larangan diskriminasi
c.       Mendapat pekerjaan
d.      Mendapat pendidikan
e.       Janji 2 orang sejati

14.  Hak yang dimiliki sebagai anggota masyarakat disebut …
a.       Hak legal
b.      Hak individu
c.       Hak moral
d.      Hak sosial
e.       Hak asasi

15.  Keharusan secara etis & moral untuk melakukan sesuatu & akan meninggalkannya merupakan pengertian dari …
a.       Hak
b.      Kebebasan
c.       Tanggung jawab
d.      Nilai
e.       Kewajiban

16.  Etika dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai …
a.       Adat
b.      Moral
c.       Tingkah laku
d.      Sopan santun
e.       Watak

17.  Etiket dalam bahasa inggris diartikan sebagai …
a.       Adat
b.      Moral
c.       Tingkah laku
d.      Sopan santun
e.       Watak

18.  Di bawah ini merupakan persamaan antara etika dan etiket adalah …
a.      Menyangkut perilaku manusia
b.      Memberi norma bagi perilaku yang boleh dilakukan manusia
c.       Memberi norma bagi perilaku yang tidak boleh dilakukan manusia
d.      Menyangkut hak dan kewajiban
e.       Menyangkut norma yang berlaku di masyarakat

19.  Yang merupakan dimensi dalam pelayanan kebidanan adalah....kecuali
a.       Konseling pro konsepsi
b.      Screening antenatal
c.       Pelayanan intrapartum
d.      Pelayanan masa nifas
e.       Perawatan neonatal

20.  Etika berpusat pada prinsip dasar dan konsep bahwa manusia dalam berfikir dan tindakannya didasari......
a.      Nilai –nilai
b.      Norma
c.       Etika
d.      Etiket
e.       Adat

21.  Memberi arah bagi perilaku manusia tentang apa yang baik atau buruk, apa yang benar atau salah, hak dan kewajiban moral (akhlak), serta apa yang boleh atau tidak boleh dilakukan, merupakan.....
a.       Kode etik
b.      Prinsip kode etik
c.       Dimensi kode etik
d.      Guna etika
e.       Tujuan etika

22.  Norma-norma yang harus diindahkan oleh setiap anggota profesi yang bersangkutan dalam menjalankan tugasnya dan dalam kehidupannya dimasyarakat, merupakan...
a.      Kode etik
b.      Prinsip kode etik
c.       Dimensi kode etik
d.      Guna etika
e.      Tujuan etika

23.  Yang bukan merupakan tujuan rumusan kode etik adalah...
a.       Menjunjung tinggi martabat dan citra profesi
b.      Membantu anggota profesi dalam menjalankan tugasnya
c.       Menjaga dan memelihara kesejahteraan anggota profesi
d.      Meningkatkan pengabdian para anggota profesi
e.       Meningkatkan mutu profesi

24.  Dibawah ini termasuk dimensi kode etik, kecuali...
a.       Anggota profesi dan klien
b.      Anggota profesi dan system
c.       Sesama klien
d.      Anggota profesi dan profesi lainnya
e.       Semua anggota profesi

25.  Dibawah ini yang merupakan prinsip kode etik adalah...
a.       Menghargai Otonomi
b.      Memberika kebebasan yang bertanggung jawab
c.       Menghormati sesama anggota profesi
d.      Menjunjung tinggi etika kebidanan
e.       Memberikan pelayanan yang baik dan profesional

26.  Tinjauan tentang pengertian Kode Etik Profesi Bidan diantaranya sebagai ciri profesi bidan yang bersumber dari nilai-nilai………..
a.      internal dan eksternal
b.      Input dan output
c.       Kemanusiaan
d.      Keadilan
e.       Adat istiadat

27.  Kode etik bidan hanya ditetapkan oleh organisasi profesi, yaitu...
a.       Ikatan Dokter Indonesia (IDI)
b.       Ikatan Bidan Indonesia (IBI)
c.       Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
d.      Ikatan Dokter Gigi Indonesia (IDGI)
e.       Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI)

28.  Kode etik bidan Indonesia pertama kali disusun tahun..., disyahkan pada Kongres Nasional IBI ke ...
a.       Tahun 1988 dan ke X
b.      Tahun 1987 dan ke X
c.       Tahun 1986 dan ke X
d.      Tahun 1985 dan ke X
e.       Tahun 1984 dan ke X

29.  Petunjuk pelaksanaan kode etik bidan disyahkan dalam…………
a.  Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) IBI tahun 1991.
b. Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) IBI tahun 1992.
c. Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) IBI tahun 1993.
d. Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) IBI tahun 1994.
e. Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) IBI tahun 1995.

30.  Kode etik bidan Indonesia tediri atas... bab, yang dibedakan atas... kewajiban
a.       6 bab dan 6 kewajiban
b.      7 bab dan 7 kewajiban
c.       8 bab dan 8 kewajiban
d.      9 bab dan 9 kewajiban
e.       10  bab dan 10 kewajiban

31.  Kewajiban bidan terdiri atas...kecuali
a.       kewajiban terhadap klien & masyarakat
b.      kewajiban terhadap tugasnya
c.       kewajiban bidan terhadap sejawat & tenaga kesehatan lainnya
d.      kewajiban bidan terhadap  profesinya
e.       kewajiban bidan terhadap institusi kesehatan

32.  Bidan wajib menjunjung tinggi, menghayati dan mengamalkan sumpah jabatan dalam setiap melaksanakan tugas & kewajibannya, merupakan ...
a.       Hak bidan terhadap klien dan masyarakat
b.      Kewajiban bidan terhadap klien dan masyarakat
c.       Tugas bidan terhadap klien dan masyarakat
d.      Kewajiban bidan terhadap teman sejawat
e.       Tugas bidan terhadap profesi

33.  Yang merupakan kewajiban bidan terhadap tugasnya adalah ...kecuali
a.       Setiap bidan senantiasa memberikan pelayanan paripurna kepada klien, keluarga & masyarakat sesuai dengan kemampuan profesi yang dimilikinya berdasarkan kebutuhan klien, keluarga & masyarakat.
b.      Setiap bidan berhak memberikan pertolongan & mempunyai kewenangan dalam mengambil keputusan mengadakan konsultasi dan atau rujukan.
c.       Setiap bidan harus menjamin kerahasian keterangan yang dapat & atau dipercayakan kepadanya, kecuali bila diminta oleh pengadilan atau diperlukan sehubungan dengan kepentingan klien.
d.      a, b, dan c benar
e.       Bidan dalam menjalankan tugasnya wajib mendahulukan kepentingan klien & menghormati hak klien serta nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat.

34.  Tiap bidan harus menjalin hubungan yang baik dengan teman sejawatnya untuk menciptakan susunan kerja yang serasi, merupakan...
a.      kewajiban bidan terhadap sejawat & tenaga kesehatan lainnya
b.      kewajiban terhadap tugasnya
c.       kewajiban terhadap klien & masyarakat
d.      kewajiban bidan terhadap  profesinya
e.       kewajiban bidan terhadap institusi kesehatan

35.  Kewajiban bidan terhadap  profesinya antara lain seperti dibawah ini ...
a.      Setiap bidan harus menjaga nama baik dan menjunjung tinggi citra profesinya dengan menampilkan kepribadian yang tinggi dan memberikan pelayanan bermutu pada masyarakat.
b.      Setiap bidan harus memelihara kesehatan agar dapat melaksanakan tugas dan profesinya dengan baik.
c.       Setiap bidan seyogyanya berusaha untuk meningkatkat pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
d.      Setiap bidan dalam melaksanakan tugasnya harus saling menghormati baik terhadap sejawatnya maupun tenaga kesehatan lainnya.
e.       Setiap bidan harus menjamin kerahasian keterangan yang dapat & atau dipercayakan kepadanya, kecuali bila diminta oleh pengadilan atau diperlukan sehubungan dengan kepentingan klien.

36.  Setiap bidan dalam menjalankan tugasnya, senantiasa melaksanakan ketentuan-ketentuan pemerintah dalam bidang kesehatan khususnya dalam pelayanan KIA/KB dan Kesehatan Keluarga……….
a.      Kewajiban bidan terhadap  pemerintah, nusa, bangsa & tanah air
b.      kewajiban bidan terhadap sejawat & tenaga kesehatan lainnya
c.       kewajiban terhadap tugasnya
d.      kewajiban terhadap klien & masyarakat
e.       kewajiban bidan terhadap  profesinya

37.  Setiap bidan dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari senantiasa ...
a.       melaksanakan pelayanan kebidanan secara profesional
b.      menghayati dan mengamalkan kode etik Bidan Indonesia
c.       menjunjung tinggi sumpah profesi bidan
d.      menghayati dan mengamalkan Pancasila dan UUD
e.       mengamalkan sumpah profesi bidan

38.  Unsur-unsur pelayanan profesional meliputi :
a.       Pelalayanan yang berlandaskan sikap dan kemampuan profesional.
b.      Ditujukan untuk kepentingan pon penerima.
c.       Pelayanan yang diberikan serasi dengan pandangan & keyakinan profesi.
d.      Memberikan perlindungan bagi anggota profesi.
e.       Benar semua.

39.  Berikut kriteria prilaku profesional bidan, kecuali :
a.     Bermoral tinggi.
b.    Berlaku jujur, baik kepada orang lain maupun kepada diri sendiri.
c.     Memberikan janji yang berlebihan.
d.    Memegang teguh etika profesi.
e.     Mengenali batas-batas kemampuan.

40.  Dibawah ini yang merupakan hak pasien adalah :……….
a.    Pasien berhak atas pelayanan yang manusia adil dan makmur.
b.    Pasien memperoleh pelayanan sesuai stratanya.
c.     Pasien harus menerima siapapun  bidan yang akan menolongnya.
d.    Tidak mendapatkan pendampingan suami selama proses persalinan berlangsung.
e.     Data-data medis pasien terbuka untuk umum.

41.  Kewajiban pasien antara lain :……..
a.       Tidak perlu menaati segala peraturan RS atau institusi pelayanan kesehatan.
b.      Segala instruksi dokter, bidan dan perawat tidak perlu dipenuhi.
c.       Pasien dan atau penanggungnya berkewajiban untuk melunasi semua imbalan atas jasa pelayanan RS, institusi pelayanan kesehatan, dokter, bidan dan perawat.
d.      Kesepakatan yang telah dibuat dengan pihak RS/institusi pelayanan kesehatan, dokter, bidan dan perawat tidak perlu dipenuhi oleh pasien.
e.       Pasien wajib menebus semua resep obat yang diberikan.

42.  Dibawah ini merupakan hak Bidan :
a.     Bidan berhak mendapatkan perlindungan hukum dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan profesinya
b.    Bidan berhak untuk bekerja sesuai dengan standar profesi pada setiap tingkat/jenjang pelayanan kesehatan.
c.     Bidan berhak menolak keinginan pasien/ kliendan keluarganya yang bertentangan dengan peraturan perundangan dan kode etik profesi.
d.     Bidan berhak atas privasi/kedirian dan menuntut apabila nama baiknya dicemarkan baik oleh pasien, keluarga maupun profesi lainnya.
e.     Benar semua

43.  Yang merupakan kewajiban Bidan adalah :
a.     Mendapatkan  privasi/kedirian dan menuntut apabila nama baiknya dicemarkan baik oleh pasien, keluarga maupun profesi lainnya.
b.    Mendapat  kesempatan untuk meningkatkan diri baik melalui pendidikan maupun pelatihan.
c.     Memberikan informasi yang akurat tentang tindakan yang akan dilakukan serta resiko yang mungkin dapat timbul
d.    Memberi  kesempatan untuk meningkatkan jenjang karier dan jabatan yang sesuai
e.     Mendapatkan kompensasi dan kesejahteraan yang sesuai.

44.  Pelayanan kebidanan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan kebidanan serta penyelenggaraannya sesuai kode etik dan standar profesi yang ditetapkan………
a.    Pelayanan kebidanan bermutu
b.    Kepuasan pelayanan kebidanan
c.     Asuhan pelayanan kebidanan
d.    Etika pelayanan kebidanan
e.     Konsep kebidanan

45.  Dalam metodologi manajemen kebidanan, urutan nomor 3 adalah :….
a.     Mengidentifikasikan masalah potensial
b.    Pengkajian data
c.     Antisipasi tindakan yang bersifat mandiri
d.    Interpretasi data
e.     Kolaborasi/rujukan

46.  Kepuasan yang mengacu pada penerapan semua persyaratan pelayanan kebidanan adalah :
a.     Hubungan antara bidan dan pasien/keluarga pasien
b.    Kenyamanan pelayanan
c.     Kebebasan melakukan pilihan
d.    Kesinambungan pelayanan kebidanan
e.     Efektivitas pelayanan

47.  Dibawah ini yang bukan merupakan latar belakang dari sistem legislasi kecuali....
a.    UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
b.   UU No. 23 Tahun 1992 Tentang Kesehatan
c.    Hubungan yang erat tentang penyediaan SDM bidang kesehatan
d.   UU No. 23 Tahun 1998 Tentang Kesehatan
e.    Visi Pembangunan Kesehatan “Indonesia Sehat 2010”

48.  Dokumen penguasaan kompetensi tertentu melalui kegiatan pendidikan formal maupun non formal (Pendidikan Berkelanjutan) disebut.....
a.       Sertifikasi
b.      Sertifikat
c.       Ijazah
d.      Surat
e.       Lisensi

49.  Dibawah ini yang termasuk lembaga pendidikan non formal kecuali....
a.       Organisasi profesi
b.      Rumah sakit
c.       LSM bidang kesehatan
d.      Sekolah Tinggi Kesehatan
e.       Ikatan Bidan Indonesia, Ikatan Dokter Indonesia

50.  Salah satu bentuk keululusan adalah ijazah, dibawah ini adalah pengertian ijazah....
a.      Dokumentasi penguasaan kompetensi tertentu yang memiliki kekuatan hukum dan diperoleh dari pendidikan formal
b.      Dokumentasi penguasaan kompetensi tertentu yang memiliki kekuatan hukum dan diperoleh dari pendidikan non-formal
c.       Dokumentasi penguasaan kompetensi tertentu yang memiliki kekuatan hukum dan diperoleh dari pendidikan in-formal
d.      Dokumentasi penguasaan kompetensi tertentu yang memiliki kekuatan hukum dan diperoleh dari pendidikan non-formal dan in-formal
e.       Dokumentasi penguasaan kompetensi tertentu yang memiliki kekuatan hukum dan diperoleh dari pendidikan e-formal

51.  Dokumentasi penguasaan kompetensi tertentu yang bisa diperoleh dari kegiatan pendidikan formal/pendidikan berkelanjutan dan atau dari lembaga pendidikan non formal yang akreditasinya ditentukan oleh profesi adalah.....
a.      Sertifikasi
b.      Sertifikat
c.       Ijazah
d.      Surat
e.       Lisensi

52.  Tujuan umum sertifikasi kecuali....
a.         Melindungi masyarakat pengguna jasa profesi
b.        Meningkatkan mutu pelayanan
c.         Pemerataan jangkauan pelayanan
d.        Penyebarluasan jangkauan pelayanan
e.         Melindungi semua masyarakat

53.  Dibawah ini adalah tujuan tujuan khusus sertifikasi.....
1)      Menyatakan kemampuan pengetahuan, keterampilan dan perilaku (kompetensi) tenaga profesi.
2)      Menetapkan kualifikasi dan lingkup kompetensi.
3)      Menyatakan pengetahuan, keterampilan dan perilaku (kompetensi) pendidikan tambahan tenaga profesi.
4)      Memenuhi syarat untuk mendapatkan nomor registrasi.
a.       1, 2, 4
b.      Semua salah
c.       Semua benar
d.      Hanya 4 yang benar
e.       1 saja yang benar

54.  Dibawah ini adalah pengertian registrasi.....
a.       Sebuah proses untuk mendapatkan kartu peserta
b.      Sebuah proses dimana seorang tenaga profesi harus mendaftarkan dirinya pada suatu badan tertentu secara periodik guna mendapatkan kewenangan & hak untuk melakukan tindakan profesionalnya setelah memenuhi syarat-syarat tertentu yang ditetapkan oleh badan tersebut.
c.       Pembayaran yang dialkukan sebelum masuk kuliah
d.      Tindakan yang dilakukan profesi untuk mendapat ijin menjalankan praktiknya
e.       Surat yang dikeluarkan menteri kesehatan kepada semua bidan di Indonesia

55.   Proses pendaftaran, pendokumentasian dan pengakuan terhadap bidan setelah dinyatakan memenuhi minimal kompetensi inti atau standar penampilan minimal yang ditetapkan, sehingga secara fisik dan mental mampu melaksanakan praktik professional merupakan pengertian dari...
a.      Registrasi bidan
b.      Registrasi perawat
c.       Surat Ijin Praktek
d.      Lisensi
e.       Ijazah

56.  Tujuan umum registrasi adalah......
a.       Menjauhkan masyarakat dari kejahatan
b.      Melindungi masyarakat dari korupsi
c.       Melindungi masyarakat dari mutu pelayanan profesi
d.      Melindungi pasien dari penipuan sarana kesehatan
e.       Melindungi pasien dari tindakan mutu jasa

57.  Dibawah ini adalah tujuan khusus registrasi  kecuali.....
1)        Meningkatkan kemampuan tenaga profesi dalam mengadopsi kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang berkembang pesat.
2)        Meningkatkan mekanisme yang obyektif dan komprehensif dalam menyelesaikan kasus mal praktik
3)        Melindungi masyarakat dari mutu pelayanan profesi
4)        Mendata jumlah dan kategori tenaga yang melakukan praktik
a.       1,2,3
b.      2,3
c.       4 saja
d.      Semua benar
e.       1,2,4

58.  Pengurusan SIB merupakan aplikasi dari....
a.       Lisensi
b.      Absensi
c.       Registrasi
d.      Ijazah
e.       Sertifikat

59.  Setelah seorang mahasiswa bidan menyelesaikan pendidikanya maka diwajibkan untuk mengurus surat ijin yang disebut...
a.       SIPP
b.      SIPB
c.       SIB
d.      SIP
e.       SIA

60.  Merupakan proses administrasi yang dilakukan oleh pemerintah atau pihak yang berwenang dalam bentuk surat ijin praktik yang diberikan kepada tenaga profesi yang telah teregistrasi untuk pelayanan mandiri merupakan pengertian dari.....
a.      Lisensi
b.      Absensi
c.       Registrasi
d.      Ijazah
e.       Sertifikat

61.  Dibawah ini merupakan tujuan umum dari lisensi......
1)        Melindungi Masyarakat dari pelayanan profesi
2)        Memberikan kejelasan tentang batas wewenang dari tenaga profesi
3)        Menetapkan sarana dan prasarana
a.      Hanya 1 saja
b.      1,4
c.       Semua benar
d.      Semua salah
e.       4 saja

62.  Dibawah ini merupakan tujuan umum dari lisensi......
1)        Melindungi Masyarakat dari pelayanan profesi
2)        Memberikan kejelasan tentang batas wewenang dari tenaga profesi
3)        Menetapkan sarana dan prasarana
a.       2,4
b.      2,3
c.       1,4
d.      Semua benar
e.       Semua salah

63.  Aplikasi lisensi dari praktek kebidanan adalah....
a.      SIPB
b.      SIB
c.       SIP
d.      SIA
e.       SIIP

64.  Jika seorang bidan ingin mendirikan tempat praktek secara mandiri maka diwajibkan untuk mengurus surat ijin yang disebut......
a.       SIPP
b.      SIPB
c.       SIB
d.      SIP
e.       SIA

65.  Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi menjadi tantangan bagi profesi bidan…
a.       Mengembangkan kompetensi bidan
b.      Mengembangkan profesionalisme bidan
c.       Menjalankan praktek bidan
d.      Memberikan pelayanan kebidanan
e.       Mengembangkan kompetensi dan profesionalisme dalam menjalankan praktek kebidanan dan memberikan pelayanan kebidanan kearah yang berkualitas

66.  Apakah yang menjadi bagian yang fundamental dan sangat penting dalam memberikan asuahn kebidanan….
a.         Pemahaman akan etika dan moral dengan senantiasa menghormati nilai-nilai pasien
b.         Pemahaman etika
c.          Pemahaman moral
d.         Menghormati nilai-nilai pasien
e.          Sopan-santun

67.  Sebutkan tiga fase klasifikasi nilai-nilai yang perlu dipahami oleh bidan, menurut Steele dan Harmon (1983)….
a.          Pilihan, Penghargaan, Loyalitas
b.         Pilihan, Penghargaan, Tindakan
c.          Perencanaan, Pelaksanan, Evaluasi
d.         Asuhan Kebidanan, Pendokumentasian, Pelaksanaan
e.          Legalitas, Kualitas, Moralitas

68.  Kebebasan memilih kepercayaan serta menghargai keunikan tiap individu merupakan fase….
a.       Fase Penghargaan
b.      Fase Royalitas
c.       Fase Pilihan
d.      Fase Tindakan
e.       Fase Evaluasi

69.  Yang merupakan fase penghargaan adalah....
a.       Gabungan nilai-nilai kedalam kehidupan sehari-hari
b.      Upayakan selaku konsisten menghargai martabat manusia
c.       Perbedaan dalam kenyataan hidup selalu ada
d.      Keyakinan bahwa penghormatan terhadap martabat seseorang merupakan konsekuensi terbaik
e.       Merasa bangga dan bahagia dengan kemampuan dan pilihannya sendiri

70.  Gabungan nilai-nilai kedalam kehidupan atau pekerjaan sehari-hari termasuk dalam fase....
a.       Penghargaan
b.      Tindakan
c.       Perencanaa
d.      Pelaksanaan
e.       Evaluasi

71.  Menguasai visi yang mendasari keterampilan, mempunyai wawasan filosofi, mempunyai pertimbangan rasional. Hal ini termasuk dalam.....
a.       Ciri-ciri royalitas
b.      Ciri-ciri Legalitas
c.       Ciri-ciri Profesional
d.      Ciri-ciri Kompetensi
e.       Ciri-ciri Moral

72.  Apabila bidan menampilkan perilaku pengambilan keputusan yang etis dalam membantu memecahkan masalah klien, merupakan.....
a.      Perilaku etis profesional
b.      Pelayanaan kebidanan
c.       Perilaku menghargai pasien
d.      Perilaku asuhan kebidanan
e.       Perilaku melakukan rujukan pasien

73.  Yang termasuk pendekatan berdasarkan prinsip…..
a.       Tindakan sebaiknya mengarah sebagai penghargaan terhadap otonomi kelompok
b.      Menghindarkan berbuat suatu kesalahan
c.       Mengharapkan imbalan
d.      Membeda-bedakan pasien
e.       Dengan sengaja melakukan kesalan dengan orang banyak

74.  Hal-hal yang harus diperhatikan bidan dalam memberikan asuhan adalah....
a.       Loyalitas, legalitas
b.      Legalitas,memprioritaskan pasien
c.       Profesional, legalitas, loyalitas
d.      Kompetensi, profesionalisme, perilaku etis
e.       Loyalitas, memprioritaskan pasien, peduli terhadap otonomi pasien


 
                                                UJIAN TENGAH SMESTER
                               PROGRAM STUDI D1V  KEBIDANAN FK UNS

MATA KULIAH                             : ETIKA & ETIK KEBIDANAN
SMESTER                                       : 8
WAKTU                                          : 60 menit
DOSEN PENGAMPU                     : MUNAWAROH,SST,SKM,MKes.

Petunjuk:
1.        Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda silang
2.        Jawaban A: bila 1,2,3 benar
Jawaban B: bila 1,3 benar
Jawaban C: bila 2,4 benar
Jawaban D: bila 4 benar
Jawaban E: bila semua benar
3.        jawaban A: bila sebab dan akibat berhubungan
jawaban B: bila sebab dan akibat benar tapi tidak berhubungan
jawaban C: bila sebab benar tapi akibat salah
jawaban D: bila sebab salah, tapi akibat benar
jawaban E: bila sebab dan akibat salah

SOAL:
1.      Hak yang dimiliki sebagai anggota masyarakat, disebut...
a.       hak legal        
b.      hak masal
c.        hak sosial
d.      hak individu
e.       semua benar



2.      Ciri-ciri nilai…
1.      Berkaitan dengan subjek
2.      Tidak berkaitan dengan subjek
3.      Tampil dalam sesuatu yang bersifat praktis
4.      Tidak menyangkut nilai yang diberikan subjek pada objek tertentu
3.      Ciri pokok hokum menurut Bertens….
a.       Memiliki legalitas
b.      Hukum menilai normal
c.       Bersifat memaksa
d.      A dan C benar
e.       Benar semua
4.      Hak adalah pengakuan yang dibuat oleh orang atau kelompok orang terhadap orang atau sekelompok orang lain. Hak yang dimiliki sebagai anggota masyarakat disebut…
a.       Hak legal
b.      Hak moral
c.       Hak individu
d.      Hak sosial
e.       Hak asasi
5.      Norma-norma yang harus diindahkan tiap profesi dalam melaksanakan tugas profesinya dan di dalam hidupnya di masyarakat, adalah pengertian dari…
a.       Etiket
b.      Kode etik
c.       Hukum moral
d.      Hak legal
e.       Hak moral
6.      Tujuan dalam rumusan kode etik dalam prinsip etika dan moralitas dalam pelayanan kebidanan meliputi :
a.       Menjunjung tinggi martabat dan citra profesi
b.      Menjaga dan memelihara kesejahteraan anggota profesi
c.       Meningkatkan pengabdian para anggota profesi
d.      Meningkatkan mutu profesi
e.       Semua benar
7.      Pelayanan kebidanan merupakan proses dari berbagai dimensi yang tujuan utama diberikan kepada ibu SEBAB ibu lebih banyak memerlukan perawatan mulai dari KB, antenatal care, pelayanan intrapartum, perawatan intensive pada neonatal dan pengakhiran kehamilan.
8.      Yang dimaksud kode etik profesi kebidanan, kecuali….
a.       Sebagai ciri profesi kebidanan yang bersumber pada nilai-nilai internal dan eksternal
b.      Merupakan pernyataan komprehensif profesi kebidanan yang memberikan tuntunan bagi anggota dalam melaksanakan pengabdianya
c.       Suatu pedoman dalam tata cara dan keselarasan dalam pelaksanaan pelayanan profesi kebidanan
d.      Perasaan, sikap dan atau cara berpikir manusia, sedangkan dalam bentuk jamak berarti adat kebiasaan
9.      Faktor-faktor yang membatasi kebebasan…
a.       Faktor agama
b.      Faktor internal
c.       Lingkungan
d.      Kebebasan orang lain
e.       Generasi mendatang
10.  Yang benar mengenai hak legal antara lain….
a.       berfungsi dalam sistem moral aturan berdasarkan oleh prinsip etis
b.      hak yang dimiliki individu terhadap Negara, contoh hak beragama
c.       berdasarkan atas prinsip hukum berasal dari undang-undang atau dokumen UU lainnya
d.      hak yang dimiliki sebagai anggota masyarakat
e.       contohnya adalah hak pekerjaan
11.  Di bawah ini yang merupakan persamaan antara etika dan etiket adalah….
1.      menyangkut perilaku manusia
2.      berdasar atas kehendak masyarakat dan Negara
3.      member norma bagi perilaku manusia
4.      bersifat memaksa dan mempunyai sanksi


12.  Hukum  tidak berkaitan erat dengan moral Sebab Hukum tetap memiliki arti walaupun tidak dijiwai oleh moralitas
13.  Dalam memberikan pelayanan kebidanan, sikap yang dituntut dari seorang bidan adalah ….
a.       Proporsional
b.      Rasionalitas
c.       Kredibilitas
d.      Akuntabilitas
e.       Ilegal
14.  Dimensi pelayanan kebidanan yang diberikan seorang bidan kepada ibu adalah
1.      Konseling pro konsepsi
2.      Perawatan intensive post-partum
3.      Screening antenatal
4.      Pelayanan kadarzi
15.  Berikut ini adalah macam-macam arti dari etika, kecuali…
a.        watak, perasaan, sikap dan atau cara berpikir manusia,
b.      adat kebiasaan.
c.       ukuran tingkah laku atau perilaku manusia yang baik,
d.      kebiasaan.
e.       Sopan santun
16.  Dari Pernyataan berikut manakah yang merupakan ciri-ciri nilai :
(1) Berkaitan dengan subyek
(2)Tampil dalam sesuatu yang bersifat praktis
(3)Menyangkut nilai tambah yang diberikan subyek pada obyek tertentu
(4)Ditulis secara sistematis
Dari Pernyataan berikut manakah yang merupakan ciri-ciri nilai :
a.       2 dan 4
b.      1,2,3
c.       4
d.      1,2,3,4
e.       1 dan 4

17.  Manakah yang merupakan tujuan rumusan kode etik kebidanan :
a.       Menjaga dan memelihara kesejahteraan anggota profesi
b.      Menyatakan kemampuan, pengetahuan, ketrampilan dan perilaku
c.       Meningkatkan mutu profesi
d.      Memberi arah bagi perilaku manusia tentang apa yang baik dan buruk
18.  Setiap bidan harus senantiasa mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan profesinya, merupakan kewajiban bidan terhadap :
a.       Pemerintah, nusa, bangsa dan tanah air
b.      Diri sendiri
c.       Profesi
d.      Sejawat dan tenakes
e.       Klien dan masyarakat
19.  Moral yang tidak berdasarkan pada ajaran agama dan hanya bersifat duniawi semata disebut
a.    Moral sekuler
b.    Moral universal
c.    Moral kategoris
d.   Moral rasional
20.  Karma etik berkaitan dengan filsafat moral, maka dari itu etik profesi sebaiknya juga berbentuk
a.    Aplikatif
b.    Normatif
c.    Intuitif
d.   Subtitutif
21.  Setiap bidan harus memelihara kesehatan agar dapat melaksanakan tugas dan profesi dengan baik merupakan kewajiban bidan terhadap…
a.       Diri sendiri
b.      Profesi
c.       Klien
d.      Nusa dan bangsa


22.  Setiap bidan harus senantiasa mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan profesi sesuai perkembangan ilmu pengetahuan merupakan kewajiban bidan terhadap….
a.       Nusa dan bangsa
b.      Teman sejawat
c.       Diri sendiri
d.      Profesi
23.  Ruang lingkup kode etik meliputi :
a.       Anggota profesi dan klien
b.      Anggota profesi dan system
c.       Anggota profesi dan profesi lainnya
d.      Semua anggota profesi
e.       Semua benar
24.  Dibawah ini merupakan Tujuan dari rumusan kode etik, kecuali :
a.       Menjunjung tinggi martabat dan citra profesi
b.      Menjaga dan memelihara kesejahteraan anggota profesi
c.       Meningkatkan pengabdian para anggota profesi
d.      Meningkatkan mutu profesi
e.       Menghargai otonomi
25.  Manusia dalam berfikir dan tindakannya didasari nilai-nilai merupakan .....
a.    prinsip dasar etika
b.    tujuan etika
c.    paradigma etika
d.   etika praktik
e.    matemetika
26.  Setiap bidan berhak memberikan pertolongan dan mempunyai kewenangan dalam mengambil keputusan dan atau rujukan merupakan kode etik bidan Indonesia dalam bab …
a.       Pertama
b.      Kedua
c.       Ketiga
d.      Keempat
e.       Kelima
27.  Kode etik bidan Indonesia pertama kali disusun tahun……..
a.       1986
b.      1987
c.       1988
d.      1989
e.       1990
28.  Kode etik bidan Indonesia terdiri dari…..
a.       5 bab
b.      7 bab
c.       9 bab
d.      11 bab
e.       13 bab
29.  Salah satu prinsip kode etik adalah
1.      Melakukan tindakan yang salah
2.      Mendukung tindakan yang merugikan
3.      Tidak menjaga kerahasiaan
4.      Memperlakukan manusia secara adil
30.  Berikut merupakan kewajiban bidan terhadap diri sendiri, kecuali …
a.       Memelihara kesehatan
b.      Meningkatkan pengetahuan
c.       Meningkatkan keterampilan
d.      Melaksanakan tugas dengan baik
e.       Melengkapi peralatan praktek
31.  Salah satu kewajiban bidan terhadap pemerintah, nusa, bangsa dan tanah air adalah …
a.       Melaksanakan ketentuan pemerintah dalam pelaksanaan KIA / KB dan konseling keluarga
b.      Menjaga nama baik dan citra profesi
c.       Mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan profesinya
d.      Berperan serta dalam penelitian
e.       Menjamin kerahasiaan keterangan yang diperoleh dan dipercayakan kepadanya
32.  Setiap bidan senantiasa memberikan pelayanan paripurna kepada klien, keluarga dan masyarakat sesuai dengan kemampuan profesi yang dimilikinya berdasarkan kebutuhan keluarga dan masyarakat merupakan kewajiban bidan terhadap…..
a.       Sejawat
b.      Diri sendiri
c.       Klien dan masyarakat
d.      Tugasnya
e.       Profesinya
33.  Prinsip kode etik kecuali….
a.       Menghargai otonomi
b.      Melakukan tindakan yang benar
c.       Mencegah tindakan yang dapat merugikan
d.      Membuka kerahasiaan
e.       Menjelaskan dengan benar
34.  Ciri profesi bidan bersumber dari nilai-nilai….
a.       nilai moral
b.      nilai internal
c.       nilai eksternal
d.      A & B
e.       B & C
35.  Kongres IBI ke X dilaksanakan pada tahun….
a.       1987
b.      1988
c.       1989
d.      1990
e.       1991
36.  Dibawah ini bukan merupakan dimensi kode etik adalah .....
a.       Anggota profesi dan klien
b.      Anggota profesi dan sistem
c.       Anggota profesi dan profesi lainnya
d.      Semua anggota profesi
e.       Hanya anggota profesi saja
37.  Bidan dalam menjalankanj profesinya wajib menjunjung tinggi harkat dan martabat kemanusiaan, serta memelihara citra bidan merupakan kewajiban bidan terhadap ....
a.       Klien dan masyarakat
b.      Diri sendiri
c.       Tugasnya
d.      Profesi Kebidanan
e.       Pemerintah, nusa, bangsa dan tanah air
38.  Ciri-ciri profesional menurut T Raka Joni, kecuali…
a.       Menguasai visi yang mendasari keterampilan
b.      Mempunyai wawasan filosofi
c.       Mempunyai pertimbangan rasional
d.      Terikat dengan pekerjaan seumur hidup
e.       Memiliki sifat yang positif
39.  Berikut ini merupakan hak bidan kecuali…
a.       Bidan berhak mendapatkan perlindungan hukum dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan profesinya
b.      Bidan berhak menerima keinginan pasien atau klien dan keluarganya yang bertentangan dengan peraturan perundangan dank ode etik profesi
c.       Bidan berhak untuk bekerja sesuai dengan standar profesi pada setiap tingkat/jenjang pelayanan kesehatan
d.      Bidan berhak atas kesempatan untuk meningkatkan jenjang karir dan jabatan yang sesuai
e.       Bidan berhak mendapatkan kompensasi dan kesejahteraan yang sesuai
40.  Menurut Steele & Harmon (1983), kebebasan memilih kepercayaan serta menghargai keunikan tiap individu, merupakan klarifikasi nilai yang perlu dipahami bidan pada fase ……
a. Fase I
b. Fase II
c. Fase III
d. Fase IV
e. Fase V


41.  Berikut ini merupakan unsur - unsur pelayanan profesional, kecuali……
a. Pelayanan yang berlandaskan sikap dan kemampuan professional
b. Ditujukan untuk kepentingan penerima
c. Pelayanan yang diberikan serasi dengan pandangan & keyakinan profesi
d. Memberikan perlindungan bagi anggota profesi
e. BSTK 
42.  Lisensi adalah proses administrasi yang dilakukan oleh pemerintah atau pihak yang berwenang dalam bentuk surat ijin praktik yang diberikan kepada tenaga profesi yang telah teregistrasi untuk pelayanan mandiri. Dalam praktik kebidanan, aplikasi lisensi adalah:
a.         SIPB
b.         SIP
c.         SIB
d.        SIBP
e.         SIPBS
43.  Latar belakang sistem legisasi tenaga bidan di Indonesia, kecuali:
a.       Visi Pembangunan Kesehatan “Indonesia Sehat 2010”
b.      UUD 1945
c.       Hubungan yang erat tentang penyediaan SDM bid. Kesehatan
d.      UU No. 23 Tahun 1996 tentang Kesehatan
e.       UU No. 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan
44.  Berikut ini yang merupakan unsur-unsur pelayanan profesional seorang bidan adalah:
a.       Memberikan perlindungan bagi anggota profesi
b.      Memegang teguh etika profesi
c.       Berlaku jujur baik kepada orang lain maupun kepada diri sendiri
d.      Menguasai visi yang mendasari ketrampilan
e.       Bermoral tinggi
45.  Di dalam hak dan kewajiban pasien, pasien sebagai konsumen berhak untuk:
a.       Memilih bidan yang akan menanganinya
b.      Mendapat pendampingan suami saat persalinan
c.       Meminta “privacy” dan kerahasiaan penyakit yang diderita serta data-data medisnya
d.      Mendapatkan tata tertib pelayanan di rumah sakit
e.       Semua jawaban benar
46.  CIRI-ciri professional Menurut Scein EH, kecuali….
a.       Terikat dengan pekerjaan seumur hidup.
b.      Mempunyai motivasi yang kuat atau panggilan sebagai landasan pemilihan kariernya & mempunyai komitmen seumur hidup
c.       Mempunyai wawasan filosofi
d.      Memiliki kelompok ilmu pengetahuan & keterampilan khusus melalui pendidikan dan pelatihan.
e.       Mengambil keputusan demi kliennya berdasarkan aplikasi prinsip-prinsip dan teori.
47.  Ada 4 pendekatan prinsip dalam etika kesehatan, yaitu :
a.       Tindakan sebaiknya mengarah sebagai penghargaan terhadap kapasitas otonomi setiap orang.
b.      Menghindarkan berbuat suatu kesalahan.
c.       Dengan murah hati memberikan sesuatu yang bermanfaat dengan segala konsekuensinya
d.      A, B, C benar
e.       A, B, C salah
48.  4 perspektif asuhan, yaitu KECUALI :
a.       Berpusat pada hubungan interpersonal dalam asuhan
b.      Meningkatkan penghormatan dan penghargaan terhadap martabat klien atau ibu sebagai manusia
c.       Mempunyai motivasi yang kuat atau panggilan sebagai landasan pemilihan kariernya & mempunyai komitmen seumur hidup
d.      Mau mendengarkan dan mengolah saran-saran dari orang lain sebagai dasar yang mengarah pada tanggungjawab profesional
e.       Mengingat kembali arti tanggungjawab moral yang meliputi kebajikan seperti kebaikan, kepedulian, empati, perasaan kasih sayang dan menerima kenyataan




49.  Dalam memberikan asuhan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang bidan yaitu....
a.       Bertindak sesuai keahliannya
b.      Tidak mempunyai moral
c.       Tidak elakukan tindakan coba-coba
d.      Berlaku jujur dan baik
e.       Prioritas utama adalah pasien
50.  Faktor-faktor yang mengacu sesuai dengan penerapan kode etik dan standar profesi bidan pada kepuasan pasien adalah....
a.       Hubungan baik antara bidan dan pasien
b.      Ketersediaan pelayanan yang memadai
c.       Kewajaran pelayanan kebidanan
d.      Keterjangkauan pelayanan kebidanan
e.       Mutu pelayanan kebidanan
51.  Dimensi kepuasan pasien yang mengacu pada kode etik dan standar profesi, mencakup penilaian tentang…
a.       Hubungan bidan dengan keluarga bidan.
b.      Kenyamanan pelayanan
c.       Pengarahan dalam melakukan pilihan pada klien.
d.      Pengetahuan dan kompetensi pasien.
e.       Benar semua
52.  Kriteria perilaku professional bidan adalah…
a.       Melakukan tindakan coba-coba yang tidak didukung  ilmu pengetahuan  profesi.
b.      Memberikan janji yang berlebihan.
c.       Melakukan tindakan yang semata-mata didorong oleh pertimbangan omersial.
d.      Bertindak sesuai keahliannya dan didukung oleh pemgetahuan dan pengalaman serta keterampilan.
e.       Menyadari bahwa tidak ada ketentuan hukum yang membatasi geraknya.



53.  Seorang bidan melakukan aborsi demi mendapatkan uang. Hal tersebut bertentangan dengan criteria perilaku professional bidan, yakni…
  1. Bermoral tinggi
  2. Bertindak sesuai keahliannya dan didukung oleh pengetahuan dan pengalaman serta ketrampilan
  3. Tidak melakukan tindakan yang semata-mata didorong oleh pertimbangan komersial
  4. Mengenali batas-batas kemampuan
54.  Berikut adalah hak pasien, kecuali…
a.       Pasien berhak atas pelayanan yang manusiawi, adil, dan makmur
b.      Pasien berhak meminta atas “privacy” dan kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk data-data medisnya
c.       Pasien berhak mendapatkan informasi yang meliputi kehamilan, persalinan, nifas, dan bayi yang baru dilahirkan
d.      Pasien berhak menolak bidan yang akan menolongnya jika tidak sesuai keinginannya
55.  Suatu proses administrasi yang dilakukan oleh pemerintah dalam bentuk surat ijin praktik yang diberikan kepada tenaga profesi yang telah teregistrasi untuk pelayanan mandiri dinamakan . . . .
a.       Lisensi
b.      Registrasi
c.       Sertifikasi
d.      Legislasi
56.  Berikut merupakan tujuan umum sertifikasi adalah . . . .
a.       Melindungi masyarakat dari pelayanan profesi
b.      Melindungi masyarakat pengguna jasa profesi
c.       Meningkatkan mutu pelayanan
d.      Pemerataan dan penyebarluasan jangkauan pelayanan
57.  Sebagai bidan harus mengembangkan kompetensi dan profesionalisme dalam menjalankan pelayanan kebidanan, sebab:
a.       Kemajuan teknologi dan pengetahuan semakin berkembang
b.      Masalah dan penyakit semakin meningkat
c.       Kebutuhan pangan meningkat
d.      A dan B benar
e.       B dan C benar
58.  Dimensi kepuasan pasien antara lain:
a.       Efektivitas pelayanan
b.      Ketersediaan pelayanan kebidanan
c.       Mutu pelayananan kebidan
d.      Kebebasan melakukan paksaan
e.       Keterjangkauan pelayanan
59.  Di bawah ini yang merupakan klarifikasi nilai dari fase pilihan adalah
a.       Merasa bangga dan bahagia dengan kemampuan (hubungan interpersonal) dan pilihannya sendiri
b.      Keyakinan bahwa penghormatan terhadap martabat seseorang akan merupakan konsekuensi terbaik bagi semua masyarakat
c.       Mampu mempertahankan nila-nilai
d.      Menggabungkan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari
e.       Berupaya selalu konsisten untuk menghargai martabat manusia dalam kehidupan pribadi dan professional
60.  Dimensi kepuasan pasien yang mengacu pada penerapan kode etik dan standar profesi:
1.     Kenyamanan pelayanan
2.     Kewajaran pelayanan kebidanan
3.     Efektivitas pelayanan
4.     Mutu pelayanan kebidanan
61.  Kriteria perilaku professional bidan kecuali:
a.       Bermoral tinggi
b.      Jujur
c.       Tidak coba-coba tanpa ilmu pengetahuan
d.      Tidak member janji berlebihan
e.       Tidak memegang teguh etika profesi
62.  Sebuah proses dimana seorang tenaga profesi harus mendaftarkan dirinya pada suatu badan tertentu secara periodic, guna mendapatkan kewenangan dan hak untuk melakukan tindakan profesionalnya setelah memenuhi syarat- syarat tertentu yang ditetapkan oleh badan tersebut, ini merupakan pengertian dari?
a.                       Registrasi
b.                      Lisensi
c.                       Sertifikasi
d.                      Pendaftaran profesi
e.                       Legalisasi
63.  Yang bukan merupakan tujuan khusus sertifikasi adalah
a.  Menyatakan kemampuan pengetahuan, keterampilan dan perilaku (kompetensi) tenaga profesi
b. Menetapkan kualifikasidan lingkup kompetensi
c.  Meningkatkan kemampuan tenaga profesi dalam mengadopsi kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang berkembang pesat.
d. Menyatakan pengetahuan, keterampilan dan perilaku (kompetensi) pendidikan tambahan tenaga profesi
e.  Memenuhi syarat untuk mendapatkan nomor registrasi
64.  Dibawah ini yang bukan tujuan dari legislasi pelayanan kebidanan adalah ...
a.       Mempertahankan kualitas pelayanan
b.      Memberikan kewenangan
c.       Menjamin perlindungan hukum
d.      Meningkatkan profesionalisme
e.       Pemberia pelayanan seadanya
65.  Proses pembuatan undang-undang atau penyempurnaan perangkat hukum yang sudah ada melalui serangkaian kegiatan sertifikasi ( pengaturan kompetensi ), registrasi ( pengaturan kewenangan ), dan lisensi ( pengaturan penyelenggaraan kewenangan ) disebut...
a.       Legalitas
b.      Legislasi
c.       Legalisasi
d.      Ilegalitas
e.       Legislatif
66.  Suatu keadaan di mana seseorang dihadapkan pada dua alternative pilihan yang kelihatannya sama/hampir sama dan membutuhkan pemecahan masalah disebut…
a.       Konseling
b.      Dilema bidan
c.       Dilema moral
d.      Etika moral
67.  Topik-topik yang penting dan muncul sebagai adanya perbedaan pendapat benar dan salah dalam kehidupan sehari-hari disebut…
a.       Dilema etik
b.      Dilema moral
c.       Isu moral
d.      Etika moral
68.  Issue etik yang menyangkut praktek kebidanan meliputi:
a.       Abortus
b.      KB
c.       Kesehatan reproduksi
d.      Penyuluhan
e.       Konseling
69.  Dokumen penguasaan kompetensi tertentu melalui kegiatan pendidikan formal maupun non formal (Pendidikan Berkelanjutan) adalah
a.    Sertifikasi
b.    Legislasi
c.    Legalisasi
d.   Legalitas
e.    Dokumentasi
70.  Di bawah ini yang bukan termasuk tujuan khusus sertifikasi adalah
a.    Menyatakan kemampuan pengetahuan, keterampilan dan perilaku (kompetensi) tenaga profesi
b.    Meningkatkan mutu pelayanan
c.    Menetapkan kualifikasi dan lingkup kompetensi
d.   Menyatakan pengetahuan, keterampilan dan perilaku (kompetensi) pendidikan tambahan tenaga profesi
e.    Memenuhi syarat untuk mendapatkan nomor registrasi
71.  Untuk mendapatkan kewenangan dan hak untuk melakukan tindakan sesuai profesi harus mendaftar dulu merupakan pengertian dari
a.       Sertifikasi
b.      Registrasi
c.       Hukum
d.      Negosiasi
e.       BSSD
72.  Berikut ini yang merupakan tujuan umum sertifikasi
1.      Meningkatkan mutu layanan
2.      Penyempitan layanan
3.      Melindungi masyarakat pengguna jasa profesi
4.      Penurunan mutu
73.  dibawah ini komponen dalam inform consent menurut culver dan gent adalah, kecuali:
a.       sukarela
b.      informasi
c.       keterbukaan
d.      keputusan
e.       kompetensi
74.  dalam dimensi hukum IC memuat:
a.       keterbuakaan informasi antara bidan dengan pasien
b.      informasi dapat dimengerti pasien
c.       Memberikan kesempatan pasien untuk memperoleh yang terbaik
d.      menghargai otonomi pasien
e.       informasi tidak menimbulkan perbedaan persepsi
75.  Praktek kebidanan sering dihadapkan dengan permasalahan yang bertentangan batin antara nilai yang diyakini bidan dan kenyataan yang ada serta terbentur pada konflik moral merupakan istilah dari ...........
a.       Dilema kebidanan
b.      Issue kebidanan
c.       Kode etik kebidanan
d.      Hukum kebidanan
e.       Nilai kebidanan
76.  Di bawah ini yang merupakan hal-hal yang berkaitan dengan issue etik dalam pelayanan kebidanan, kecuali ...............
a.       Agama/ kepercayaan
b.      Kerahasiaan
c.       Kematian
d.      Kebenaran
e.       Mandiri
77.  4 Komponen dalam Consent menurut Culver and Gert, kecuali ….
a.       Voluntariness
b.      Information
c.       choice
d.      Competence
e.       Decision
78.  Untuk mengurangi kejadian malpraktek dan agar bidan lebih berhati-hati dalam memberikan pelayanan kebidanan kepada semua pasien/kliennya merupakan manfaat dari….
a.       Information
b.      Informed Consent
c.       Consent
d.      Choice
e.       Decision
79.  Dimensi etik mengandung nilai-nilai sebagai berikut kecuali:
a.       Menghargai otonomi pasien
b.      Melakukan intervensi
c.       Membantu pasien bila diminta atau dibutuhkan
d.      Menggali keinginan pasien secara subjektif
e.       Menggali keinginan pasien dari hasil pemikiran rasional
80.  Dimensi hukum memuat tentang…
a.       Ketidakterbukaan informasi antara bidan dengan pasien
b.      Informasi yang diberikan harus dimengerti pasien
c.       Tidak memberi kesempatan pada pasien
d.      Keterbukaan informasi antar pasien
e.       Sedikitnya informasi pada pasien
81.  Dilema yang sering terjadi pada bidan komunitas adalah, kecuali…
a.       Tempat rujukan yang jauh
b.      Ekonomi rendah pada masyarakat di daerah itu
c.       Pengetahuan masyarakat
d.      Budaya masyarakat
e.       Fasilitas desa
82.  Pembuatan pilihan setelah mendapatkan penjelasan tentang alternative asuhan yang akan dialami seorang pasien atau klien disebut
a.       Informed choice
b.      Persuasi
c.       Negosiasi
d.      asosiasi
e.       Informed consent
83.  Perlindungan pasien terhadap bidan yang berperilaku memaksakan kehendak termasuk dalam dimensi…
a.       Etik
b.      Sosial
c.       Hukum
d.      Ekonomi
e.       BSSD
84.  Memberikan kesempatan kepada pasien untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik termasuk dalam dimensi informed consent yaitu ....
a.    Ekonomi
b.    Hukum
c.    Sosial
d.   Moral
e.    Etik
85.  Pertolongan persalinan merupakan pelayanan kebidanan yang termasuk dalam....
a.    Information
b.    Decision
c.    Informed Consent
d.   Informed Choice
e.    Voluntariness
86.  Pelayanan kebidanan merupakan proses dari berbagai dimensi yang diberikan pada ibu kecuali
a.      Konseling pra konsepsi
b.     Pengakhiran kehamilan
c.      Perawatan neonatal
d.     Pelayanan intrapartum
e.      Pelayanan postpartum
87.  Petunjuk pelaksanaan kode etik bidan disyahkan dalam …
a.       Kongres nasional IBI ke X tahun 1988
b.      Rakernas IBI tahun 1991
c.       Rakernas IBI tahun 1990
d.      Kongres nasional IBI ke XI tahun 1989
e.       Kongres nasional IBI ke XII tahun 1992
88.  Pernyataan yang benar tentang dimensi etik adalah…
1.      Keterbukaan informasi antara bidan dengan pasien
2.      Menghargai otonomi pasien
3.      Memberi kesempatan pasien untuk memperoleh yang terbaik
4.      Bidan menggali keinginan pasien baik secara subjektif atau hasil pemikiran rasional
89.  Pernyataan yang tepat tentang keputusan (consent) adalah…
1.      Penting dari sudut pandang bidan
2.      Penting dari sudut pandan klien
3.      Berkaitan dengan aspek hukum yang member otoritas pada bidan untuk melakukan prosedur yang diperlukan
4.      Berkaitan dengan pemahaman masalah dan merupakan otonomi pribadi
90.   Agar terhindar dari masalah etik moral yang mungkin terjadi maka dalam melakukan praktik kebidanan dibutuhkan, kecuali…
a.       Pengetahuan klinik yang baik
b.      Pemahaman issue etik dalam pelayanan kebidanan
c.       Fasilitas mewah dalam pelayanan kebidanan
d.      Ilmu pengetahuan yang up to date
e.       Penerapan etika dalam menjalankan praktik kebidanan
91.  Pemberian informed choice kepada penerima jasa pelayanan kebidanan merupakan salah satu cara untuk menghindari konflik, sebab….
a. Informed choice memberikan hak otonomi bagi klien
b. Informed choice memberikan informasi yang bias
c. Informed choice membatasi klien dalam menentukan pilihan
d. Informed choice memberikan tanggungjawab sepenuhnya kepada bidan
e. Informed choice merupakan lembar persetujuan
92.  Berikut yang merupakan pencegahan konflik etik yaitu:
a.       Informed consent
b.      Negosiasi
c.       Komite etik
d.      Persuasi
e.       Semua jawaban benar
93.  Inform choice adalah pembuatan pilihan setelah mendapatkan penjelasan tentang alternative asuhan yang akan dialami pasien/klien SEBAB berkaitan dengan aspek hukum yang memberikan otorisasi pada bidan untuk melakukan semua prosedur yang diperlukan











KUNCI JAWABAN
1.      C        21. A               41. E                61. E                81. D              
2.      B        22. D               42. A               62. A               82. A
3.      D        23. E                43. D               63. C               83. C
4.      D        24. E                44. A               64. E                84. B
5.      B        25. A               45.E                 65. B               85. D
6.      E        26. C               46. C               66. C               86. E
7.      A        27. B               47. D               67. C               87. B
8.      D        28. A               48. C               68. A               88. C
9.      A        29. B               49. E                69. A               89. B
10.  C        30. E                50. A               70. B               90. C
11.  B        31. A               51. B               71. B               91. A
12.  E        32. D               52. D               72. B               92. E
13.  D        33. D               53. C               73. C               93. C
14.  B        34. E                54. D               74. D
15.  E        35. B               55.A                75. B
16.  B        36. E                56. A               76. E
17.  B        37. A               57. D               77. C
18.  C        38. D               58. D               78. B
19.  A        39. B               59. B               79. B
20.  B        40. A               60. B               80. B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar